Kamis, 10 Oktober 2013

MASJID ISLAMIC CENTRE SAMARINDA (MICS)
MERUPAKAN ISLAMIC CENTRE TERBESAR, TERMEGAH 
 SE-ASIA TENGGARA


Indah, Besar dan Megahh... itulah yang pertama kali kita ucapkan bila berada dalam kawasan Islamic Centre Samarinda ini. mengapa tidak karena Masjid ini memiliki nilai Arsitektur Nan-Megah yang mengingatkan kita pada Masjid Nabawi di Madinah.


Rancangan menara MICS di-ilhami dari menara masjid Nabawi di Madinah Almukarromah, dan kubah utamanya di-ilhami masjid Haghia Sophia di Istambul – Turki. Menempati area seluas +/- 8 hektar, menyediakan lahan terbuka bagi masyarakat kota Samarinda, termasuk area parkir dan taman yang luas lengkap dengan pohon kurma yang ditanam di halaman depan kawasan masjid menghadirkan kesan Timur Tengah di kota Samarinda. Luas bangunan utama Islamic Center Samarinda seluas 43.500 m2, luas bangunan 7.115 m2, luas lantai basement 10.235 m2, sementara lantai dasar masjid seluas 10.270 m2, dan lantai utama seluas 8.185 m2, sedangkan luas lantai mezanin 5.290 m2.

Tampak Depan Masjid Islamic Centre Samarinda







MICS dilengkapi dengan 7 menara terdiri dari satu menara utama setinggi 99 meter terpisah dari bangunan utama masjid. Ketinggian 99 meter menara utama tersebut bermakna 99 isim asmaul husna atau 99 nama-nama Allah. Menara utama tersebut terdiri atas bangunan 15 lantai masing-masing lantai setinggi rata-rata 6 meter. Empat menara penjuru setinggi 70 meter dibangun di empat penjuru masjid ditambah dua menara gerbang yang berada di sisi kiri dan kanan gerbang utama masing masing setinggi 57 meter. Enam menara ini juga bermakna sebagai enam rukun iman. Selain angka 99 dan angka 6 masih ada angka 33 di masjid ini mewakili 33 biji tasbih yang diwakili oleh jumlah anak tangga menuju lantai utama dari lantai dasar MICS

Tampak Samping Masjid Islamic Centre Samarinda




Tampak Belakang Masjid Islamic Centre Samarinda


Masjid ini mendapat pengaruh yang cukup kuat dari Masjid Nabawi dan Haghia Sophia

Selasar Islamic Centre Samarinda







 

Interior Islamic Centre Samarinda

Memasuki ke bagian dalam maka akan terlihat bangunan yang memiliki dua lantai. Pada lantai dasar dari bangunan ini lebih difungsikan sebagai ruang pertemuan, seminar, hingga resepsi.


Kapasitas daya tampung ballroom dari lantai pertama ini bisa mencapai 5.000 orang. Untuk material lantainya, dipilih dari bahan granit dengan corak beraneka warna

 
Menuju lantai 2 yang merupakan bangunan utama ini bisa menampung jamaah hingga 20 ribu orang. Untuk ibadah shalat, terdapat di lantai dua. Di bagian ini terdapat juga satu lantai mezanine. 




Saat memasuki bagian ini, pandangan mata akan langsung tertuju untuk melihat bagian kubah. Di bagian ini dihiasi dengan hadirnya motif segitiga yang saling berkaitan. Motif itu mengeliling bagian dalam kubah.
plafon kubah utama ini menggunakan bahan Metal Perforated dan ornamen Fyber Reinforcement Plasctic (FRP)


Sebagai penghiasnya, dihadirkan juga lampu lapis kaca patri pada bagian tengah paling atas. Sedangkan, pada plafon gypsum hadir juga penerangannya menggunakan downlight serta lampu gantung.

Untuk lebih memaksimalkan pencahayaan pada siang hari, dihadirkan pula kaca-kaca patri yang mengikuti bentuk kubah. Lalu, seperti pada umumnya masjid di Tanah Air, di bagian dinding kubahnya dihiasi dengan kaligrafi ayat Kursi yang mengelilingi dinding kubah.

Sedangkan, pada bagian mihrab, masjid ini tidak terlalu terlihat menonjol. Sebagai ornamen penghiasnya ditampilkan marmer hijau dengan aksen kerawangan yang berjumlah 12 buah.

Walau tampilan mihrab tidak terlalu menonjol, secara keseluruhan desain yang tersaji di bangunan ini telah memberikan sebuah kebanggaan yang tak terelakkan lagi buat warga Samarinda. 

Beberapa akses para jama'ah menuju lantai utama Masjid Islamic centre Samarinda








Akses pengguna kursi roda


 Masjid Islamic Centre Samarinda

Halaman Masjid



 









Beberapa foto dari sudut masjid indoor & outdoor















Basement Parking Area




SEMPATKANLAH DIRI UNTUK MENIKMATI ESTETIKA KEMEGAHAN DAN BERMUNAJAD DI MASJID ISLAMIC CENTRE SAMARINDA

3 komentar:

  1. terima kasih untuk infonya, Alhamdulillah infonya sangat sangat membantu dlm tugas saya.

    BalasHapus
  2. alhamdulillah, semoga bermanfaat

    BalasHapus